Berfoto Bareng Presiden Obama Dibanderol 25 Dollar…

EQUITYWORLD FUTURES – Sosok Presiden Amerika Serikat Barack Obama terlihat berdiri di ujung meja kerjanya. Dengan mengenakan setelan jas biru tua, kemeja putih dan dasi biru, dia tersenyum sambil melipat tangan.

Di belakang sang Presiden ada bendera AS yang dipasang di sisi jendela dengan pemandangan pepohonan di halaman Gedung Putih.

Di samping Obama, berdiri seorang perempuan yang sibuk dengan sebuah pesawat telepon yang terus berdering di atas meja.

“Eh, ini gimana sih?” kata wanita itu sambil memegang gagang telepon dan bertanya kepada seorang wanita lain di seberang meja.

Wanita itu tak banyak menjawab, dia hanya mengarahkan perempuan di sebelah Obama dengan isyarat tangan. Lalu sesaat kemudian, dia memotret kebersamaan tersebut.

KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Figur Max Webber, pembalap formula satu asal Australia pun menjadi koleksi di museum Madame Tussauds Sydney. Tak cuma figur Webber, replika mobil balapnya pun ada di sana, dan pengunjung bisa menaikinya dan memainkan sumulasi balapan melalui layar di depannya.

Tentu, kejadian ini bukan ada di Washington DC. Meja kerja, bendera AS, jendela dengan view taman di Gedung Putih, dan termasuk sosok sang Presiden, semuanya hanya tiruan.

Figur Obama itu adalah patung wax yang menjadi salah satu koleksi di museum Madame Tussauds di Sydney, Australia.

Bedanya dengan koleksi patung tokoh lainnya, pengunjung hanya boleh mengambil gambar Obama dari balik tali pembatas. Jika mau mempunyai foto yang lebih dekat, pengunjung harus menggunakan jasa juru foto yang ada di situ.

Memang, biasanya di setiap museum Madame Tussauds ada satu atau dua figur yang dikomersialkan. Jika, di Hongkong figur aktor laga Jacky Chan yang “dijual”, maka di Sydney figur Obama yang “dilego”.

Hasil foto tersebut nantinya bisa ditebus di sebuah gerai sebelum pintu keluar.

Dengan harga 25 dollar (AUD) atau kira-kira Rp 250.000 pengunjung memperoleh dua lembar foto dengan Obama dalam dua gaya. Tak lupa ada tautan serta password untuk mengunduh softcopy dari foto-foto tadi.

Jika ingin membuatnya menjadi magnet kulkas atau gantungan kunci, turis cukup menambah biaya 5 dollar (AUD) lagi.

KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Cara pembuatan detail patung wax pun dipamerkan di salah satu sudut Museum Madame Tussauds, Sydney.

Museum Madame Tussauds terkenal di seluruh dunia. Museum di Sydney ini adalah satu dari 20 museum yang sama yang tersebar di berbagai kota.

Di dalamnya koleksi patung lilin yang menampilkan figur populer dari berbagai kalangan, mulai negarawan, keluarga kerajaan, atlet, musisi, hingga bintang film dipamerkan.

Demikian pula di Sydney. Sekitar 80 patung memadati areal museum yang berada di sudut Darling Harbour. Letak museum ini bersebelahan dengan aquarium raksasa Sea Life, dan Wild Life Sydney Zoo.

Di musim libur sekolah seperti pekan lalu, pengunjung pun terlihat ramai. Nyaris, tak ada hal lain yang dilakukan di tempat ini, selain berpose dan bergaya untuk berfoto bersama tokoh-tokoh idola itu.

Patung rusak

Kalau sudah demikian, bukan tak mungkin patung-patung itu menjadi cacat atau bahkan rusak.

KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Jolie, seorang karyawan di Museum Madame Tussauds berpose dengan patung Ned Kelly.

“Biasanya yang rusak di bagian muka dan rambut. Itu sangat sensitif, karena muka kan terbuat dari wax,” ujar Jolie salah satu karyawan yang sedang merapi rambut sejumlah patung di tempat itu.

Kepada KompasTravel, Jolie mengatakan, patung-patung itu sesungguhnya sangat kuat, karena seluruh tubuhnya terbuat dari fiberglass, kecuali kepala.

“Mau dipeluk seperti ini pun enggak apa-apa, asal gak pegang muka dan kepala,” kata Jolie sambil merangkul kencang patung Ned Kelly hingga bergoyang.

Ned adalah tokoh penjahat legendaris di Australia yang oleh warga dianggap sebagai pahlawan. Mungkin mirip si Pitung di tanah Betawi.

“Tapi kalau ada yang rusak, di sini ada 10-12 seniman yang bertugas memperbaiki patung-patung itu. Jadi patungnya kami cabut dulu, lalu ada workshop di belakang, untuk memperbaiki,” kata Jolie.

KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Bola mata artis Hollywood Nikole Kidman terlihat detail dan seperti hidup. Patung Nikole dipasang di selasar menuju pintu masuk Museum Madame Tussauds, Sydney.

10-12 seniman yang bekerja di Madame Tussauds Sydney bertanggung jawab untuk perawatan seluruh patung, baik untuk wajah maupun pakaian yang dikenakan.

“Ada yang spesialias untuk perbaikan patung wax, ada pula yang khusus merawat pakaian-pakaian yang dipakai. Ini berkala dibersihkan dan dirawat,” kata wanita itu.

Dengan perawatan sedetail itu, tak heran jika wajah Nicole Kidman yang berbalut gaun merah menyala dan rambut panjang terurai terlihat hidup. Dia seolah menyambut kedatangan tamu di depan pintu masuk…

Cerita ini diperoleh dari perjalanan KompasTravel dalam rombongan AirAsia X Indonesia Sydney Family Trip yang bekerja sama dengan Destination New South Wales (NSW). Sejumlah wartawan asal Indonesia dibawa ke tempat-tempat wisata di NSW sejak tanggal 16-22 Januari lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s