Kapal Ternak “Jokowi” Akhirnya Bisa Angkut 500 Sapi dari NTT

EQUITYWORLD FUTURES – Kapal ternak Camara Nusantara I, yang disiapkan Presiden Joko Widodo, “berhasil” mengangkut ternak dari Nusa Tenggara Timur.

Padahal sebelumnya, kapal tersebut harus pulang kosong, karena peternak enggan menjual sapi yang diangkut menggunakan kapal tersebut.

Kapal dengan kapasitas tampung 500 ekor itu, mulai mengangkut 300 ekor dari Kupang dan sisanya akan diangkut dari Pulau Sumba.

Kepala Bidang Agribisnis Dinas Peternakan NTT Aris Herewila kepada sejumlah wartawan, Rabu (3/2/2016) mengatakan, berdasarkan kesepakatan dengan pemerintah pusat, maka jumlah sapi yang disiapkan hanya 500 ekor.

“Yang dari Pelabuhan Tenau hari ini 300 ekor. Nanti setelah 300 termuat semua, kapal akan segera berangkat ke Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, untuk mengangkut 200 ekor,” kata dia.

“Berdasarkan apa yang sudah disepakati pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Daerah Sumba Timur, sehingga pemuatan dari NTT sesuai kapasitas maksimal kapal sebanyak 500 ekor,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang peternak, Anis Laka mengaku banyak pengusaha sapi yang kecewa, karena sapi mereka yang sudah dikarantina berminggu-minggu, tapi tidak diakomodasi seekor pun.

Mereka mengaku merugi hingga puluhan juta rupiah. “Kami tidak bisa muat sapi karena alasannya bahwa kapal ini datang muat di sini hanya prioritaskan PT Berdikari dan PT Darma Jaya,” kata Anis.

“Padahal saya punya sapi ini, mau muat dengan kapal kargo, tapi dari Dinas Peternakan menekan untuk tidak boleh kirim dengan kapal kargo, dan harus tunggu kapal Cemara Nusantara,” sambung Anis.

“Nah sekarang saya punya barang sudah tampung di karantina sudah hampir dua minggu ini, tetapi ternyata setelah kapal Cemara Nusantara masuk, saya malah tidak dapat bagian untuk muat,” cetusnya.

Menurut Anis, kini ada 200 ekor sapinya yang tak terangkut. Anis berharap, Pemerintah bisa melakukan pengadaan tambahan kapal pengangkut ternak, sehingga bisa mengakomodasi semua sapi yang mereka sediakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s