Jepang Izinkan Wisatawan Asing Sewa Rumah Pribadi

EQUITYWORLD FUTURES – Dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 2020, wilayah terluas Ibu Kota Jepang, Ota Ward memberikan lampu hijau kepada pemilik rumah untuk menyewakannya kepada wisatawan asing.

Japan Times melaporkan, penduduk telah diminta untuk membiasakan diri sebagai bentuk antisipasi lonjakan wisatawan yang datang ke Tokyo dalam empat tahun depan, ketika tidak ada cukup kamar hotel untuk mengakomodasi mereka.

Pada Desember 2015, pemerintah daerah Ota Ward merilis kebijakan baru untuk mengizinkan penyewaan rumah pribadi namun dengan kriteria yang cukup ketat.

Penduduk yang ingin menyewakan rumahnya ke para wisatawan harus memberitahukan tetangganya yang tinggal 10 meter dari rumah dan juga menginformasikannya ke pemadam kebakaran sejelas mungkin.

Aturan itu juga menyebutkan, para wisatawan harus menyewa rumah dalam waktu minimum tujuh hari dan enam malam dengan informasi pribadi seperti nama, detail kontak, dan nomor paspor disimpan oleh pemilik rumah selama tiga tahun.

Seorang ahli bahasa mesti dihadirkan di lingkungan Ota Ward untuk berjaga-jaga. Ota Ward sendiri berada tak jauh dari Bandara Haneda dan pemerintah mengharapkan banyak pengunjung asing atas kedekatan jarak tersebut.

Japan Times juga melansir praktik penyewaan rumah ini sudah diterapkan di Perfektur Osaka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s