Mampukah Anda Daratkan Boeing 737 Saat Darurat?

EQUITYWORLD FUTURES – “Hopefully, you will never need to use this information”.  Kata itulah yang mengawali sebuah artikel yang dilansir situs Huffingon Post, Senin (15/2/2016).

Pernyataan itu ternyata mengacu kepada sebuah video berisi tutorial bagi penumpang pesawat yang menghadapi keadaan darurat. Disebutkan, bagaimana jika kedua pilot di pesawat Boeing 737 yang tengah mengudara tak mampu melakukan tugasnya.

Lantas, mampukah seorang penumpang yang belum pernah mempunyai pengalaman terbang, mendaratkan pesawat berbadan lebar tersebut?

Seorang pilot pesawat komersial bernama Tim Morgan membuat sebuah video terkait dengan kondisi itu.

“Kabar baiknya adalah, pesawat modern ini didukung dengan peralatan canggih yang dapat terbang dengan baik dalam mode ‘autopilot‘,” kata dia.

“Tapi kabar buruknya, Anda harus tetap mendaratkan pesawat itu dalam keadaan darurat. Belum lagi, instrumen di pesawat berbeda satu dengan yang lain. Jadi, akan sulit bagi orang awam untuk menemukan apa yang dibutuhkan untuk mendaratkan kapal  tersebut,” sebutnya.

Di dalam video yang dibuatkan, Morgan menyampaikan kepada para penumpang tentang beragam instrumen pengendali di pesawat 737. Termasuk yang terpenting adalah, bagaimana menggunakan radio untuk meminta bantuan guna mendapat panduan pendaratan pesawat.

Memang belum ada kasus di mana seorang penumpang harus menghadapi keadaan darurat macam ini. Namun dalam episode “MythBusters” tahun 2007 pernah diuji apakah orang awam bisa melakukan itu? Tentunya dengan simulator.

Hasilnya, pesawat itu jatuh saat penumpang tanpa pengalaman mencoba mendaratkan pesawat.

Namun, hasil yang mengejutkan terjadi ketika penumpang itu mencoba mendaratkan pesawat dengan bantuan seorang pilot, yang memberi petunjuk melalui radio. Pesawat itu dapat mendarat dengan sempurna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s