Susahnya Mencabut Gigi Seekor Singa Jantan

EQUITYWORLD FUTURES – Meyakinkan seseorang untuk mencabut gigi ke dokter bisa jadi tugas yang sangat berat. Apalagi bila yang harus “diyakinkan” adalah seekor singa jantan seberat 185 kilogram.

Dokter hewan spesialis dipanggil ke Kebun Binatang Perth untuk mencabut gigi Mandela, singa jantan berusia 13 tahun. Dia adalah satu dari tiga singa asal Afrika yang ada di Kebun Binatang Perth.

Dokter hewan senior, Simone Vitali, mengatakan, pemeriksaan rutin dua pekan lalu menemukan dua gigi Mandela retak dan singa itu mengalami infeksi gigi yang membutuhkan perhatian.

“Seringkali, para predator di penangkaran sangat sedikit menunjukkan tanda-tanda klinis, sehingga kami bahkan tak tahu Mandela mengalami infeksi gigi sampai kami membiusnya dan memeriksanya,” jelasnya.

“Cukup menakjubkan melihatnya mentolerir hal semacam ini. Infeksi gigi bagi manusia akan membuat lemas beberapa hari tetapi dengan mereka terus beraktifitas,” tambahnya.

Dr Simone menyambung, “Jadi penting bagi kami sebagai pengasuh untuk melakukan apa yang kami bisa untuk membuat mereka nyaman, bahkan jika mereka tak memberi kami indikasi bahwa mereka merasa tidak nyaman.”

Untuk mencabut gigi sang raja hutan, maka Mandela harus “ditidurkan” selama dua jam.

“Giginya besar dan banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencabutnya. Jadi untuk hari ini kami baru mencabut salah satu gigi yang terinfeksi,” ujar Dr Simone.

“Gigi itu bisa dicabut dengan baik jadi beban pikiran kami berkurang,” imbuhnya.

Dibandingkan dengan sanak keluarganya di alam liar, usia Mandela jauh lebih panjang. Singa di alam liar biasanya hanya hidup sampai usia 10 tahun.

Namun, penjaganya di Kebun Binatang Perth, Leonie Perovic, mengatakan, umur Mandela masih sangat panjang.

“Sebagian besar singa-singa di alam liar yang mati karena infeksi disebabkan persis oleh hal semacam ini, gigi patah, atau perkelahian atas makanan dengan singa atau predator lainnya,” sebutnya.

Ia menambahkan, “Mereka tak memiliki perawatan medis atau penjaga semacam ini di alam liar. Dalam penangkaran, mereka bisa hidup sampai sekitar 25 tahun.”

Mandela, kini, akan kembali ke kandang untuk masa pemulihan dan akan diawasi secara ketat staf kebun binatang.

Tapi, sayangnya, ia harus menjalani prosedur pencabutan gigi lainnya dalam waktu dekat. Setidaknya satu gigi lainnya akan perlu dicabut dalam beberapa pekan mendatang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s