Dollar AS Mulai Menguat, Ini Sebabnya

EQUITYWORLD FUTURES –  dollar AS menguat terhadap mata uang Eropa euri dan mata uang negara Eropa lain pada Senin waktu setempat. Investor membukukan keuntungan dari naiknya dollar AS seiring pidato Mario Draghi, Presiden Europuan Central bank (ECB) yang menyatakan tidak akan meneruskan kebijakan easing moneter.

Mata uang euro mencatatkan kenaikan dalam sebulan setelah komentar Draghi pada Kamis lalu, tapi kemudian kalah terhadap dollar.

Investor sekarang memfokuskan perhatiannya ke Federal Reserve, bank sentral AS, yang akan mengadakan pertemuan pada Selasa dan Rabu mendatang. Federal Open Markets Committee (FOMC) di Fed diharapkan tidak mengubah suku bunga acuan.

Menurut Richard Scalone, co-head untuk nilai tukar mata uang asing di TJM Brokerage di Chicago, menyatakan naiknya dollar merupakan kombinasi dari pasar yang berkembang terlalu luas akibat kebijakan Draghi untuk tidak memangkas suku bunga acuan.

“Juga akibat aksi koreksi harga yang wajar jika FOMC melakukan hal yang lebih berani,” kata dia.

Menurut analis, para pedagang juga memperhatikan keputusan suku bunga acuan dari bank sentral di Swiss, Australia dan Norwegia, sejalan dengan Bank of England dan Bank of Japan. Pertemuan bank sentral tersebut sepertinya akan menjadi tes bagi kemampuan bank sentral untuk mengelola ekspektasi pasar.

Euro turun 0,5 persen pada 1.1197 dollar, juga karena naiknya saham Eropa yang mengalami reli 3 persen sejak pengumuman Draghi yang akan melakukan langkah easing berani, termasuk ekspansi pembelian aset dan pemangkasan suku bunga lebih dalam.

Dollar juga tercatat menguat terhadap Swiss franc (0,45 persen) dan Sterling (0,6 persen).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s