Kemajuan Proyek Tol Cileunyi-Rancakalong 82 Persen

EQUITYWORLD FUTURES – Proyek pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61,175 kilometer terus dilakukan oleh pemerintah yang bertanggung jawab mengerjakan dua seksi dari total enam seksi yang ada.

Bagian yang mesti dibangun oleh pemerintah adalah seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 12,025 kilometer dan seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05 kilometer.

Pelaksanaan konstruksi yang sedang berlangsung saat ini adalah seksi II yang terdiri atas dua fase. Fase pertama sepanjang 6,35 kilometer sampai Maret 2016 telah mencapai progres fisik 82,03 persen dan progres lahan sudah 93,31 persen.

“Untuk seksi II fase satu masih 90 persen lebih karena di Kilometer 30-60 dari seksi itu sedang dalam masa tender dan akan dilelang bulan Mei 2016. Saya harap Agustus 2016 bisa selesai semua,” jelas Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W Husaini, di lokasi proyek, Kamis (17/3/2016).

Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Progres pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi II fase 2 udah terbangun 7 km dari total 17,05 km yg menghubungkan Rancakalong dengan Sumedang. Saat ini sudah masuk dalam tahap pembetonan. Foto diambil Kamis (17/3/2016).

Kemudian untuk fase 2 sepanjang 10,7 kilometer, sampai Maret 2016 masih dalam tahap persiapan pembangunan dengan progres lahan yang sudah bebas mencapai 80,12 persen.

Menurut Hediyanto, pembebasan lahan saat ini bukan menjadi kendala berarti yang mengganggu pekerjaan konstruksi.

“Nggak mengganggu kok sekarang itu contohnya ada yang masih di pengadilan tapi kita sudah bisa kerja. Jadi, nggak terlalu mengganggu pekerjaan,” sambung dia.

Hediyanto berharap seksi II fase 2 ini bisa selesai pada akhir 2016, sedangkan fase dua sesi satu selesai pada akhir 2017.

Jika rampung nanti maka seksi II Tol Cisumdawu ini bisa mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di Tanjungsari dan Cadas Pangeran.

Selain itu, didahulukannya pembangunan seksi II ini merupakan langkah antisipatif dan ruas alternatif untuk digunakan jika sewaktu-waktu jalan Cadas Pangeran putus yang bisa membuat Kota Sumedang terisolasi.

Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Progres pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi II fase 2 udah terbangun 7 km dari total 17,05 km yg menghubungkan Rancakalong dengan Sumedang. Saat ini sudah masuk dalam tahap pembetonan. Foto diambil Kamis (17/3/2016).
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s