Mau Sinyal Bagus dan Pulsa Murah? Ini Syaratnya

EQUITYWORLD FUTURES – Pelanggan seluler tentunya menghendaki harga layanan yang semurah mungkin. Di sisi lain, pihak operator membutuhkan biaya untuk menyajikan kualitas layanan yang baik.

Bagaimana caranya agar dua kepentingan itu bertemu? Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menekankan bahwa hal tersebut bisa dicapai dengan efisiensi bisnis melalui konsolidasi alias penggabungan usaha operator seluler.

“Masyarakat maunya kualitas bagus tapi harga murah. Maka industri harus dibuat efisien,” ujar Rudiantara ketika berkunjung ke redaksi Kompas.com, Kamis (17/3/2016) lalu.

Rudiantara mengatakan bahwa Konsolidasi akan mengurangi jumlah operator seluler yang beroperasi di Indonesia.

Meski jumlahnya menjadi lebih sedikit, pasar masing-masing operator akan mengalami kenaikan dari hasil penggabungan bisnis itu. Terjadilah economy of scale atau penurunan biaya karena skala yang lebih besar.

Konsolidasi, lanjut Rudiantara, juga akan menguatkan posisi tawar operator terhadap vendor perangkat infrastruktur telekomunikasi sehingga bisa menekan biaya lebih lanjut.

Jumlah operator seluler yang ideal

Wacana konsolidasi operator seluler sendiri sebenarnya sudah lama terlontar, bahkan berapa tahun sebelum Rudiantara menjabat sebagai Menkominfo dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Sejumlah pelaku industri telekomunikasi sejauh ini juga telah melakukan konsolidasi. Contohnya antara lain PT Smart Telecom Tbk dengan PT Mobile-8 Telecom yang melahirkan PT Smartfren Telecom Tbk, lalu ada pula merger PT XL Axiata dengan PT Axis Telekom.

Ke depan, Rudiantara berharap proses konsolidasi akan terus bergulir hingga jumlah operator seluler di Indonesia akan menyusut hingga menjadi hanya 3 atau 4 pada 2019 mendatang, jumlah yang ideal menurutnya.

“Jadi, kita harus buat demikian (jumlah operator lebih sedikit). Tapi tetap tidak boleh ada monopoli, tetap kepentingan masyarkat harus diutamakan,” lanjut Rudiantara.

Di luar efisiensi bisnis operator, dari segi konsumen, Rudiantara turut menegaskan pelanggan harus memaklumi bahwa kualitas layanan pada akhirnya berbanding lurus dengan harga.

“Masak, maunya murah-murah terus, near free service. Kalau berharap begitu terus you have to expect lousy service. Bagaimana membiayai untuk kualitas bagus kalau harganya murah?” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s