Drone ini Bisa Terbang dan Menyelam

EQUITYWORLD FUTURES – Drone atau pesawat tanpa awak yang diberi nama Cracuns ini punya kemampuan unik. Drone itu tak hanya sanggup terbang di udara, melainkan juga bisa menyelam di dalam air.

Cracuns sendiri merupakan singkatan dari Corrosion Resistant Aerial Covert Unmanned Nautical System. Penciptanya adalah sekelompok peneliti dari John Hopkins University.

Bodi Cracuns tidak dicetak dengan cara biasa. Para peneliti itu membuatnya menggunakan printer 3D agar murah dan mendapatkan bobot yang ringan.

Sementara itu komponen-komponen elektronik yang jadi inti drone Cracuns diletakkan dalam kotak penyimpanan terpisah. Kotak ini terlindungi dari air meski drone dibawa menyelam.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (23/3/2016), komponen lain yang ada di bagian luar mendapatkan lapisan khusus antikarat. Lapisan ini mengamankannya dari korosi ketika digunakan di air laut.

Kendat Cracuns masih berupa purwarupa, peneliti telah membuktikan bahwa drone tersebut bisa bertahan di bawah permukaan air selama dua bulan.

“Teknisi di laboratorium Fisika Terapan John Hopkins University sudah lama mengerjakan proyek pesawat tanpa awak serta sistem milik kapal selam angkata laut,” terang manajer proyek tersebut, Jason Stipes.

Mereka tidak menjanjikan Cracuns bisa dipakai untuk berbagai jenis keperluan. Satu hal yang pasti, kemampuannya bertahan di bawah permukaan air membuat drone ini cocok untuk misi pengintaian.

Berikut ini video singkat mengenai drone yang bisa meyelam sekaligus terbang di udara tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s