Ahok: Foke Didukung Hampir Semua Parpol tapi Kalah Juga…

EQUITYWORLD FUTURES – Hampir setengah dari pemilih Gerindra yang disurvei Charta Politika menyatakan akan memilih Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Padahal, Ahok telah hengkang dari partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Menanggapi itu, Basuki yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta menyatakan bahwa pemilih pada sesungguhnya tidak memilih partai.

“Karena kan pemilih bukan milih partai sebenarnya. Orang kan semua punya kepentingan-kepentingan sendiri,” kata Ahok, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (31/3/2016).

Ahok mengaku sudah membuktikan hal itu pada Pilkada DKI Jakarta 2012. Saat itu, pasangan Jokowi-Ahok hanya didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerindra. Sementara pasangan petahana Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli didukung oleh hampir semua partai di DPRD DKI Jakarta.

“Pemilih Gerindra dan PDI-P kecil sekali saat itu dan pak Foke menggabungkan semua partai, toh kalah juga kan,” kata Ahok.

“Jadi sebenarnya bukan soal parpol atau apa. Orang Jakarta kan sudah makin pinter pilih orangnya,” kata Ahok.

Dari 400 responden yang disurvei Charta Politika, 13 persen memilih Gerindra sebagai partai politik untuk menyalurkan aspirasinya.

Dari para pemilih Partai Gerindra itu, 51,9 persen justru memilih Ahok menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Sisanya, 15,4 persen memilih Yusril Ihza Mahendra, 5,8 persen memilih Sadiaga Uno, 5,8 persen memilih Hidayat Nur Wahid, 3,8 persen memilih Adhyaksa Dault, 7,7 persen memilih calon lain, dan 5,8 persen tidak memilih atau tidak menjawab.

Pengumpulan data untuk survei itu dilakukan pada 15-20 Maret 2016 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan metode kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 400 responden yang tersebar di lima wilayah kota administrasi dan satu kepulauan di DKI Jakarta.

Survei ini dijalankan dengan menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error lebih kurang 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini dilakukan setelah Ahok mengumumkan bakal calon wakil gubernurnya, Heru Budi Hartono.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s