Nvidia Bikin “Otak” Mobil Balap Tanpa Sopir

EQUITYWORLD FUTURES – Selain dipakai mengantar penumpang, mobil tanpa sopir juga bisa dijadikan tontonan dalam ajang balap. Kejuaraannya pun sedang disiapkan dengan nama “Roborace Championship”, untuk digelar di sirkuit internasional Formula E mulai seri 2016-2017 akhir tahun ini.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (6/4/2016), mobil-mobil balap tanpa sopir tersebut nantinya bakal diotaki super komputer PX 2 bikinan Nvidia.

Pertama kali diperkenalkan dalam ajang CES 2016 di Las Vegas, AS, awal Januari lalu, PX 2 diperkuat prosesor 12-core yang mampu menghasilkan daya komputasi sebesar 24 triliun penghitungan per detik.

Kemampuan yang menurut Nvida setara dengan 150 komputer Apple MacBook Pro itu bakal dipakai untuk memproses program artificial intelligence (AI) pengemudi mobil.

Super Komputer yang ukurannya hanya sebesar kotak makan siang ini juga mampu memproses aneka macam informasi dari berbagai sensor yang tertanam di mobil, termasuk radar, kamera, GPS, dan peta resolusi tinggi.

Mobil-mobil tanpa sopir dalam kejuaraan Roborace sendiri menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya, dan mampu mencapai kecepatan hingga 300 kilometer per jam. Rancangannya dikerjakan oleh Daniel Simon yang juga berperan di film sci-fi futuristik, Tron: Legacy.

Masing-masing tim bakal ikut serta dengan sepasang mobil tanpa sopir. Karena memakai komponen yang sama, satu-satunya faktor yang bisa memengaruhi kinerja balap adalah perbedaan software.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s