Antisipasi Kepadatan Arus Lalu Lintas Saat “Long Weekend”

EQUITYWORLD FUTURES – Libur panjang atau long weekend pada 5 hingga 8 Mei 2016 biasanya dimanfaatkan warga Jakarta untuk berpergian ke luar kota. Diperkirakan 127.000 kendaraan akan meninggalkan Ibukota menuju luar kota saat libur panjang tersebut.

Pihak kepolisian telah menyiagakan 6.295 personel untuk diterjunkan pada saat libur panjang tersebut. para personel sudah mulai diterjunkan pada Rabu (4/5/2016) siang untuk pemantauan, penjagaan, dan pengaturan arus lalu lintas.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, kepadatan arus lalu lintas diperkirakan akan terjadi di jalan nasional dan tol dalam kota yang mengarah ke luar kota.

Adapun titik-titik rawan kemacetan seperti Tol Karang Tengah, Tol Dalam Kota, Tol JORR dan Tol Jakarta-Cikampek. Selain itu, diperkirakan juga, kemacetan akan terjadi di tempat-tempat ibadah, tempat rekreasi, dan pusat perbelanjaan.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

“Pengaturan arus lalu lintas (kendaraan pribadi) dan angkutan jalan pada tempat rekreasi dan peribadatan akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi lapangan atau bersifat situasional,” ujarnya melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (3/5/2016).

Budiyanto mengatakan, untuk pengaturan arus lalu lintas dalam tol, pihaknya akan menyiapkan rencana kontinjensi tahap I hingga tahap III. Kontijensi tahap pertama dilakukan apabila terjadi antrean pada gerbang tol sepanjang 5 kilometer.

Pihaknya akan menerjunkan petugas pembantu untuk membagikan tiket tol dengan sistem jemput bola. Selanjutnya, kontijensi tahap kedua akan dilakukan apabila masih tetap terjadi kepadatan arus lalu lintas dan antrean kendaraan sepanjang 5 kilometer jelang rest area sehingga kendaraan hanya bisa melaju dengan kecepatan maksimal 5 kilometer per jam, pihaknya akan memberlakukan contraflow dan buka tutup pintu keluar tol.

Tahapan ketiga, apabila kemacetan masih terjadi setelah dua cara tadi diterapkan, pihaknya akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas dari dalam tol menuju jalan arteri.

“Kontinjensi tahap III akan dilakukan jika kepadatan dalam tol luar biasa atau ruang lalu lintas mengalami overcapacity yang menyebabkan arus lalu lintas sampai stuck,” ucapnya.

Selain menyiapkan rekayasa lalu lintas, pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI jakarta juga akan melakukan pelarangan kendaraan berat untuk melintas di jalan nasional dan tol pada tanggal 4 Mei dan 8 Mei.

Hal tersebut untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada saat libur panjang Isra Miraj dan kenaikan Isa Almasih. Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta, Andri Yansah mengatakan dirinya sudah menandatangani surat edaran pelarangan kendaraan berat tersebut melintas saat puncak arus mudik dan arus balik pada tanggal 4 Mei hingga 8 Mei.

“Kami imbau kepada operator angkutan dalam hal ini untuk mengoperasikan kendaraannya setelah pukul 24.00 WIB, pada tanggal 4 dan 8 Mei, hanya dua hari saja,” ujarnya ketika dihubungi Selasa (3/5/2016).

Andri menjelaskan kendaraan berat baru boleh melintas setelah puncak arus mudik dan arus balik. Hal itu untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang biasa terjadi saat waktu tersebut.

Andri menambahkan, kendaraan berat pengangkut bahan bakar dan pengangkut sembako tetap boleh melintas saat tanggal 4 Mei dan 8 Mei 2016.

“Yang diperbolehkan hanya kendaraan berat yang mengangkut BBM dan sembako untuk melintas,” ucapnya.

Selain itu, pihak kepolisian dan Dishubtrans juga turut menghimbau kepada para pengendara agar lebih mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Hal ini, agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi lantaran pengendara tidak tertib lalu lintas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s