Apa Saja Sebenarnya Manfaat Satelit Bagi BRI?

EQUITYWORLD FUTURES – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan segera meluncurkan satelit yang dinamakan BRIsat.

Satelit pertama di dunia yang dimiliki dan dioperasikan oleh bank ini akan mendukung sekaligus meningkatkan layanan perbankan yang disediakan perseroan.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat satelit tersebut bagi BRI?

Direktur Utama BRI Asmawi Syam menjelaskan, BRIsat akan membuat layanan BRI di seluruh wilayah Indonesia hingga ke pelosok sama baik, cepat, dan akuratnya dengan layanan di kota besar seperti Jakarta.

“Kami ingin memberikan layanan sama baiknya, cepatnya, dan akuratnya baik di desa maupun kota. Yang di gunung-gunung, di sungai-sungai, layanannya akan sama cepatnya dengan Jakarta setelah ada satelit,” kata Asmawi dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Lebih lanjut, Asmawi menjelaskan, BRI memasang dua target setelah memiliiki satelit sendiri, yakni BRI ingin menjangkau wilayah yang selama ini tidak terjangkau.

Selain itu, perseroan juga ingin melayani mereka yang belum terlayani.

Asmawi menjelaskan, saat ini BRI merupakan bank yang memiliki agen Laku Pandai terbanyak di Indonesia.

Hingga akhir tahun ini BRI menargetkan memiliki 75.000 agen Laku Pandai, sementara hingga saat ini BRI telah memiliki 59.000 agen Laku Pandai.

Dengan adanya satelit, maka layanan Laku Pandai dapat lebih optimal.

Di samping itu, BRI juga ingin mengoptimalkan layanan digital Teras BRI, di mana perseroan menjangkau nasabah di pulau-pulau kecil dan terluar menggunakan kapal.

Pun BRI juga ingin mengoptimalkan digitalisasi perbankan di pasar-pasar tradisional melalui Teras Pasar.

“Teras Pasar akan kita digitalkan, karena digitalisasi perbankan hari ini sudah merambah sampai ke desa-desa dan pasar-pasar tradisional. Dengan adanya satelit ini komitmen BRI untuk selalu eksis dan bertahan ke depan,” jelas Asmawi.

Dengan satelit, BRI juga ingin memperluas digitalisasi di kantor-kantor BRI, termasuk kantor pusat.

Dengan demikian, BRI dapat melakukan video conference dengan seluruh kepala unit dan kepala cabang yang ada.

“Kami juga ingin melakukan otomasi di kantor internal. Jadi kita mengurangi penggunaan terlalu banyak kertas. BRI juga ingin membuat BRI Zone, yakni akses wifi di ruang publik yang merupakan tanggung jawab sosial BRI,” ungkap Asmawi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s