Pelabuhan Peti Kemas Pelindo IV dan Kereta Api Kargo di Makassar Rampung 2018

EQUITYWORLD FUTURES – Pembangunan pelabuhan peti kemas tengah laut yang dikoneksikan dengan kereta api kargo di Makassar, Sulawesi Selatan, akan rampung pada pertengahan 2018.

Kepala Satuan Pengelola Proyek Makassar New Port, Arwin, saat melakukan peninjauan di lokasi proyek tersebut mengatakan bahwa pelabuhan kargo yang dibangun sekitar 2 kilometer dari pesisir pantai sedang dalam tahap reklamasi.

Nantinya, penghubung dermaga pelabuhan peti kemas akan dibuatkan jalan tol laut. Adapun untuk jalur kereta api akan dibangun di sepanjang pesisir pantai dari Kota Makassar ke Kabupaten Maros, Pangkajene Kepulauan, Barru, hingga ke Kota Parepare. Proyek kereta api kargo ini dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan.

“Jadi di pelabuhan peti kemas nanti ada jalur kereta api kargo di pesisir pantai. Jalur kereta api kargo dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan. Begitu juga dengan jalan tol di pesisir pantai lalu masuk di area pergudangan yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Kota Makassar,” kata Arwin, Selasa (31/5/2016).

Proyek pelabuhan peti kemas ini menggunakan anggaran sebesar Rp 1,8 triliun dan diharapkan dapat rampung dan siap digunakan pada pertengahan 2018.

“Saat ini pengerjaan proyek pelabuhan petikemas atau Makassar New Port (MNP) sudah melampaui target pengerjaan yang ditetapkan sebesar 25 persen dengan nilai Rp 326 miliar. Proyek pada Paket A sudah dikerjakan 27,01 persen,” kata Arwin.

Ia memaparkan, untuk proyek Paket B dan C masing-masing menggunakan anggaran sebesar Rp 1,055 triliun dan Rp 228 miliar.

Proyek Paket B meliputi reklamasi seluas kurang lebih 13 hektar, causeway kurang lebih 1.276 meter, lapangan kontainer kurang lebih 16 hektar, dan pengerukan kolam pelabuhan minimal draf -16,0 mLWS.

Adapun Paket C berupa pembangunan breakwater sepanjang 1.310 meter.

“Proyek ini sengaja dibangun secara paket agar dapat dilakukan serentak sehingga penyelesaiannya lebih cepat dan dilakukan secara terus-menerus,” kata Arwin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s