Tempuran Mas Beli 2 Kapal Baru Asal China Senilai Rp 98,9 Miliar

EQUITYWORLD FUTURES – PT Pelayaran Tempuran emas Tbk (TMAS) telah mendapatkan persetujuan para pemegang saham untuk menggunakan dana investasi belanja modal atau capital expenditure/capex sebesar Rp 550 miliar guna melakukan pembelian armada dan sarana penunjang kegiatan operasional.

“Sebagai realisasi, maka pada tanggal 1 Juni 2016,perseroan telah menandatangani kontrak pembangunan kapal sejumlah dua unit kapal kontainer masing-masing berkapasitas 360 TEUs dengan salah satu shipyard di China senilai Rp 98,9 miliar,” papar Corporate Secretary TMAS, Marthalia Vigita dalam keterbukaan informasi, Jumat (3/6/2016).

Marthalia mengatakan, tujuan dari pembelian dua unit kapal baru tersebut sesuai dengan kesepakatan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 27 April 2016 lalu, dalam rangka melanjutkan peremajaan armada dan meningkatkan kapasitas usaha perseroan.

“Kedua unit kapal tersebut rencananya akan diserah terimakan pada kuartal pertama tahun 2017,” tutur Marthalia.

Menurut Marthalia, penggunaan dana yang disebutkan di atas tidak melebihi 20 persen dari nilai ekuitas perseroan untuk tahun buku 2015. Sekedar informasi, emiten dengan kode saham TMAS ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan pengiriman barang dalam peti kemas melalui jalur laut.

Dilansir dari situs resmi TMAS, pada tahun 2013 Perseroan menambah 2.500 unit food grade container yang dikhususkan untuk mengangkut produk makanan, minuman dan farmasi. Kemudian di tahun 2014, perseroan menambah 1 unit kapal dengan kapasitas sebesar 1.560 TEUs, dan menambah 4.000 unit container.

Sehingga pada akhir tahun 2014, perseroan telah memiliki jumlah armada kapal berjumlah 22 unit kapal dengan kapasitas sebesar 12.838 TEUs. Selain itu, jumlah kontainer peti kemas yang dimiliki perseroan kini mencapai 24.854 unit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s