Smartwatch Lawas Tak Kebagian Android Wear 2.0?

EQUITYWORLD FUTURES – Google belum mengumumkan perangkat arloji pintar Android Wear mana saja yang akan mendapat Android Wear 2.0, tapi beberapa perangkat smartwatch generasi pertama agaknya tak akan kebagian update sistem operasi tersebut.

LG, misalnya, mengatakan tak bakal memperbarui OS G Watch generasi awal besutannya. Kini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Senin (13/6/2016), Motorola pun telah menyatakan bahwa arloji Moto 360 versi pertama tak bakal mendapat Android Wear 2.0.

Jeroan hardware Moto 360 (chip TI OMAP, single core 1 GHz) memang kurang bertenaga untuk menjalankan OS baru. Namun, G Watch menggunakan chip quad-core Snapdragon 400 seperti yang juga tertanam di arloji-arloji pintar generasi baru. Tak jelas apa alasan LG memilih untuk tidak melakukan update.
Samsung hingga saat ini belum mengeluarkan pengumuman resmi. Namun, dilihat dari ketidaktertarikan vendor Negeri Ginseng ini terhadap pengembangan Android Wear, pengguna smartwatch Gear Live agaknya hanya punya harapan tipis untuk bisa mencicipi Android Wear.

Android Wear 2.0 sendiri diperkenalkan dalam ajang Google I/O, bulan lalu. Update OS ini mengusung sejumlah pembaruan seperti tampilan antarmuka yang dioptimalkan untuk menghemat baterai, keyboard mungil, dan pengenalan tulisan tangan.

Tapi yang paling mencolok adalah kemampuan aplikasi  di OS Android Wear 2.0 yang bisa berjalan secara mandiri tanpa perlu bergantung pada smartphone pendamping. Aplikasi bisa langsung terhubung ke internet lewat Bluetooth, Wi-Fi, atau koneksi seluler.

Fungsi-fungsi baru ini mensyaratkan deretan hardware yang baru pula untuk bisa berjalan, termasuk keberadaan komponen Wi-Fi, speakerinternal, dan dukungan LTE di perangkat smartwatch.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s