Tak Berkubah, Masjid Kopeng Merapi Ini Tetap Indah

EQUITYWORLD FUTURES – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dikenal juga sebagai arsitek yang kerap merancang masjid-masjid di Indonesia. Salah satu dari sekian banyak karyanya adalah masjid tak berkubah.

Emil, sapaan karib Ridwan Kamil, telah merancang dan membangun Masjid Baiturrahman di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Jawa Tengah.

Masjid itu merupakan salah satu proyek corporate social responsibility (CSR) Baitul Maal Muamalat.

Masjid Baiturrahman dibangun melalui firma arsitektur Emil yang bernama Urbane Indonesia. Desain awal pembangunan masjid ini adalah untuk menciptakan masjid modern yang tidak memiliki kubah layaknya kebanyakan masjid di Indonesia.

Baitul Maal Muamalat selaku klien Urbane Indonesia sempat menolak proposal desain modern itu tetapi mereka menyukai ide penggunakan bata bekas.

Dokumentasi Urbane Indonesia Eksterior Masjid Baiturrahman Merapi, Kopeng, Jawa Tengah.

Urbane Indonesia kemudian mengajukan desain alternatif berupa penggunaan atap susun tradisional Jawa sebagai pengganti atap modern.

Konsep bangunan Masjid Baiturrahman merupakan permainan bayangan dengan menciptakan banyak bukaan kecil di dinding dan atap masjid.

Bukaan masjid dibuat menggunakan susunan bata yang membentuk kaligrafi lafadz Allah. Bukaan itu memungkinkan banyak cahaya dan udara yang bebas masuk ke dalam masjid.

Lokasi masjid di kaki gunung membuat temperatur rata-rata di dalamnya adalah 16-17 derajat celcius.

Oleh sebab itu, untuk menjaga temperatur agar tidak bertambah dingin, bukaan-bukaan di masjid ditutupi menggunakan kaca.

Dokumentasi Urbane Indonesia Pencahayaan alami Masjid Baiturrahman, Kopeng, Jawa Tengah.

Material dominan Masjid Baiturrahman merupakan batu bata abu vulkanik dan batu lokal untuk lantainya.

Struktur bangunan diperkuat menggunakan kerangka beton sebagai bentuk antisipasi karena lokasi masjid yang berada di daerah rawan bencana.

interior di dalam masjid semakin indah ketika sinar matahari menyapu masjid dan masuk melalui komposisi batu bata sehingga menciptakan bayangan tak terduga.

Setelah desain dipresentasikan ke Baitul Maal Muamalat, Urbane Indonesia kemudian mengumpulkan segala macam detail yang dibutuhkan dan menggambar detail struktur serta instalasi listriknya.

Setelah itu, tepatnya pada 26 Agustus 2011, proyek masjid ini dipresentasikan di depan warga Dusun Kopeng yang menyukai campuran konsep tradisional dan modern.

Dokumentasi Urbane Indonesia Interior Masjid Baiturrahman, Kopeng, Merapi, Jawa Tengah.

Masjid setinggi empat lantai dengan luas bangunan 250 meter persegi ini selesai dibangun pada Oktober 2011 dan kini selain digunakan sebagai sarana beribadah juga dimanfaatkan sebagai pusat pendidikan Islam anak-anak.

Dokumentasi Urbane Indonesia Minaret Masjid Baiturrahman Kopeng, Merapi, Jawa Tengah.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s