Ganjar Sebut Berhasilnya 21 Daerah di Jateng Raih WTP karena Ini…

EQUITYWORLD FUTURES – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut berbangga karena laporan keuangan sejumlah kabupaten/kota di Jateng mendapat opini tertinggi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sejauh ini, 21 daerah di Jateng yang mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK dari laporan keuangan yang diperiksa tahun 2015 lalu. Opini WTP diserahkan awal bulan Juni ini. Sementara tahun lalu, hanya 11 daerah yang mendapat opini WTP.

Menurut Ganjar, kesuksesan laporan keuangan daerah meningkat tidak terlepas dari peran para penjabat (Pj) dari Pemprov yang ditugaskan untuk menjadi bupati atau wali kota sementara kala Pemilihan Kepala Daerah akhir 2015 lalu. Mereka ditugaskan untuk mereformasi sektor keuangan.

“Inspektorat juga turun. Waktu pilkada serentak itu, penjabat sementara (Pj) dari Pemprov kami tugaskan membawa misi ini untuk buat yang transparan, akuntabel, dan melayani,” kata Ganjar, di Semarang, Selasa (14/6/2016).

Namun, di luar itu, Ganjar mengaku telah mulai banyak inisiatif perubahan dari daerah agar laporan keuangan menjadi transparan. Selain itu, para kepala daerah juga tidak segan untuk bertanya terkait hal yang tidak diketahuinya.

“Resepnya orang dewasa. Yang ngurus negara kan bukan anak-anak, jadi mereka pasti mengerti ketika mendapatkan sinyal-sinyal regulasi,” tambah Ganjar.

Ganjar melanjutkan, Pemprov Jateng bersama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) intens melakukan pendampingan soal laporan keuangan. BPK juga dijadikan sebagai pihak yang dikonsultasi, hingga memastikan daerah paham mekanisme keuangan yang baik.

“Intinya yang tidak tahu bertanya. Teman-teman di kabupaten/kota sudah punya inisiatif bagus, konsultasi, sehingga capaian ini bisa didorong,” tambah dia.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s