Softbank Beli Pembuat “Otak” iPhone dan Android Rp 407 Triliun

EQUITYWORLD FUTURES – Softbank Group yang berasal dari Jepang telah menyetujui harga untuk membeli ARM, perusahaan perancang teknologi pemrosesan perangkat genggam. ARM dikenal sebagai “otak” dari iPhone dan smartphone Android berbasis Qualcomm Snapdragon, Mediatek, dan Samsung Exynos.

Harga pembelian tersebut adalah 31 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 407 triliun.

Namun saat ini, baik Softbank maupun ARM, sama-sama belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait jual beli tersebut. Informasi soal pembelian ini diketahui dari sumber yang mengetahui negosiasi antara kedua perusahaan.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Reuters, kedua perusahaan diprediksi akan mengumumkan kesepatakan pada hari ini, Senin (18/7/2016).

Jika sudah diumumkan nanti, maka nilai pembelian itu akan menjadi salah satu yang terbesar di jagat teknologi.

Sebelumnya, pembelian atau akuisisi terbesar yang dilakukan Softbank terjadi pada 2013 silam. Mereka mengakuisisi saham pengendali Sprint, perusahaan telekomunikasi AS, seharga 22 miliar dollar AS atau setara Rp 288,5 triliun.

Sekadar diketahui, Softbank merupakan grup perusahaan yang bergerak di bidang internet dan telekomunikasi. Mereka memiliki layanan operator mobile di Jepang dan Sprint di AS, juga berinvestasi pada berbagai startup India hingga China.

Sedangkan ARM merupakan perusahaan asal Inggris. Mereka merancang teknologi microchip pada perangkat genggam dan komputer. Teknologi buatan mereka dipakai oleh Apple, Samsung serta Huawei untuk pembuatan prosesor masing-masing perusahaan tersebut.

Advertisements

One thought on “Softbank Beli Pembuat “Otak” iPhone dan Android Rp 407 Triliun

  1. Pingback: Softbank Beli Pembuat “Otak” iPhone dan Android Rp 407 Triliun | EWFanalisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s