Gairah Renault di Pasar Asia

EQUITYWORLD FUTURES – Pabrikan asal Perancis, Renault, punya sejarah panjang dan nama besar di industri otomotif, tapi tidak di Asia. Pertumbuhan pasar Asia, sudah dipantau oleh hampir semua pabrikan, dan kini Renault mulai melihat benua ini sebagai pasar penting yang harus diperhatikan dengan seksama.

Beberapa tahun belakangan, atau sejak 2010, ada perubahan besar yang terjadi dengan Renault. Renault memiliki 43,4 persen saham di Nissan, dan Nissan memiliki 15 persen saham di Renault. Renault juga memiliki 50 persen saham di joint ventura Renault-Nissan b.v., yang didirikan untuk memanajemen sinergi di aliansi Renault-Nissan.

Perusahaan ini bertanggung jawab atas manajemen dua perusahaan patungan ini, RNPO (Renault Nissan Purchasing Organization) dan RNIS (Renault-Nissan Information Services).

Kerja sama Renault dan Nissan ini membawa perubahan mendasar buat Renault. Paling kentara terlihat dari deretan produk yang ditawarkan Renault kini sudah menjamah masuk ke pasar-pasar penting di luar Eropa, khususnya Asia.

“Asia adalah wilayah yang penting buat kami. Renault sudah sangat berkembang di Korea Selatan, dan kami memiliki pabrik di sana. Lalu China, sejak Februari lalu kami juga sudah membuka fasilitas perakitan di sana. India juga termasuk, meskipun kami menempatkan India ke dalam regional Timur Tengah. Ini menunjukan bahwa kami serius dengan pasar Asia,” jelas Susan Tan, Direktur Komunikasi Renault Asia Pasifik, saat berbincang dengan KompasOtomotif, di Paris, Rabu (20/7/2016).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s