Jika Perekonomian Tidak Dinilai, Kosta Rika Disebut Negara Paling Bahagia

EQUITYWORLD FUTURES – Sebuah negara kecil Amerika Tengah, Kosta Rika didaulat menjadi negara paling bahagia di dunia, demikian laporan terbaru yang dipublikasikan The New Economics Foundation.

Berbeda dengan pemeringkatan di tahun-tahun sebelumnya, penilaian kebahagiaan sebuah negara tahun ini coba dilihat dari sisi lain selain ekonomi.

Tahun ini, tim penilai mencoba menyusun peringkat berdasarkan besarnya sumber daya alam yang digunakan warga.

Selain itu, kebahagiaan dalam daftar tahun ini diukur lewat hubungan sosial, usia harapan hidup dan kesetaraan sosial yang kemudian digabungkan dengan jejak ekologi negeri tersebut.

Ternyata dengan parameter baru ini, negara-negara Amerika Tengah dan Selatan menempati peringkat teratas negara-negara paling bahagia dibanding negara-negara Barat yang kaya.

Negara-negara Barat kaya raya semacam Inggris dan Amerika Serikat hanya menduduki peringkat ke-34 dan 108 dalam daftar yang mencakup 140 negara itu,

Kosta Rika menduduki peringkat pertama karena 99 persen tenaga listrik negeri ini berasal dari sumber daya yang terbarukan.

Laporan ini juga mencatat Kosta Rika menghapuskan angkatan bersenjata pada 1949 dan banyak menginvestasikan anggaran di bidang kesehatan dan pendidikan.

Artinya, penduduk negeri ini menggunakan sedikit sekali sumber daya alamnya dibanding negara-negara Barat.

Di tempat kedua, jika menggunakan sistem tahun ini, Meksiko menempati posisi kedua meski negeri itu digerogoti korupsi dan kekerasan antar-geng.

Kolombia menepati peringkat ketiga di dalam daftar ini dengan nilai sangat baik di sektor kebahagiaan dan jejak ekologinya.

Di sisi berlawanan, Chad menjadi negeri paling tidak bahagia. Penyebabnya adalah jejak ekologi yang sangat besar sebagai negeri penghasil minyak yang sebagian besar rakyatnya miskin dengan infrastruktur negara yang rusak berat.

Selain itu, ketidakstabilan di dalam negeri akibat kerusuhan sektarian yang diperburuk dengan serangan Boko Haram dari Nigeria.

Usia harapan hidup di Chad juga sangat buruk. Menurut data PBB usia harapan hidup untuk pria Chad adalah 49 tahun dan perempuan 52 tahun.

Di peringkat kedua negara paling tidak bahagia adalah Luksemburg, yang meski menjadi salah satu negara paling kaya di Eropa mengalami penurunan dalam hal hubungan sosial antarmanusia.

Inilah 10 negeri paling bahagia di dunia:

1. Kosta Rika
2. Meksiko
3. Kolombia
4. Vanuatu
5. Vietnam
6. Panama
7. Nikaragua
8. Banglades
9. Thailand
10. Ekuador

Sementara itu, inilah 10 negara paling tidak bahagia di dunia

1. Chad
2. Luksemburg
3. Togo
4. Benin
5. Mongolia
6. Pantai Gading
7. Turkmenistan
8. Sierra Leone
9. Swaziland
10. Burundi.
Equity world Futures

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s