PT. EQUITYWORLD FUTURES Minyak Berakhir Dengan Gain Disaat Produksi Mingguan AS Jatuh

PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga minyak berakhir lebih tinggi Kamis ini, menemukan dukungan dari penurunan mingguan di produksi minyak mentah AS, meskipun pasokan pertama mengaalami kenaikan dalam enam minggu. Energy Information Administration melaporkan bahwa produksi minyak mentah mingguan dari yang terendah di 48 negara bagian turun 36.000 barel ke 7.969.000 barel per hari – tingkat terendahnya sejak Juni 2014.

EIA juga mengatakan bahwa pasokan minyak mentah naik 4,9 juta barel untuk pekan yang berakhir pada 7 Oktober. Minyak mentah West Texas Intermediate November naik 26 sen, atau 0,5%, untuk berakhir di $ 50,44 per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak masih terkoreksi hari ini di tengah gejolak pasar global akibat kekhawatiran mengenai ekonomi dunia dan dampak Brexit. Selain itu, harga juga tertekan menyusul laporan soal meningkatnya aktivitas pengeboran di AS.

Oilfield 2Pasar keuangan dunia bergejolak karena mencuatnya kecemasan mengenai ekonomi global, yang terkait dengan isu Brexit. Saham bertumbangan karena keresahan akan dampak ekonomi keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Di saat saham berjatuhan, minyak terkena imbasnya.

Harga juga tertekan karena berita bahwa jumlah kilang aktif di AS bertambah sebanyak tiga di minggu lalu, kenaikan dua kali berturut-turut. Para analis mengatakan meski kenaikan ini belum menunjukkan perubahan pada produksi, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa harga minyak cukup untuk membuat produsen kembali menggenjot output. Namun , sejauh ini jumlah kilang masih 48% lebih rendah dari tahun lalu.

Menambah tekanan jual, Menteri Minyak Iran Bijan Namdar Zanganeh mengtatakan pihaknya berencana menambah output sebesar 600.000-700.000 barel per hari dalam lima tahun ke depan di salah satu area produksi di Sungai Karoun. Pada dasarnya, karena harga yang sudah tinggi dan di tengah gejolak pasar yang terjadi saat ini, di mana absen berita positif, banyak pemain yang memanfaatkan situasi untuk profit taking.

Harga sudah naik 90% sejak Februari, mengundang minat untuk aksi ambil untung. Meski demikian, kejatuhan ini masih sekedar koreksi setelah harga menjulang tinggi. Sedangkan tren belum berubah dan masih banyak faktor yang mendukung harga seperti driving season, meningkatnya permintaan di China, musim badai.

Untuk minggu ini, fokus pasar antara lain laporan bulanan dari OPEC. International Energy Agency (IEA) juga akan mengumumkan laporan. Equity world Futures Energy Information Administration (EIA) seperti biasanya akan mengumumkan laporan mingguan pada Rabu. Pada jam 16:00 WIB, minyak jenis Light Sweet untuk pengiriman Juli turun 30 sen ke $49,02 per barel setelah merosot 3% akhir pekan lalu. Penutupan di bawah $48,50 menjadi bearish continuation dengan target $48,00-47,60.

Sumber: MarketWatch

Advertisements

One thought on “PT. EQUITYWORLD FUTURES Minyak Berakhir Dengan Gain Disaat Produksi Mingguan AS Jatuh

  1. Pingback: PT. EQUITYWORLD FUTURES Minyak Berakhir Dengan Gain Disaat Produksi Mingguan AS Jatuh | EWFanalisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s