PT. EQUITYWORLD FUTURES Minyak Pertahankan Keuntungan Setelah Cadangan Minyak AS Naik

PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak berjangka memepertahankan sebagian besar keuntungan mereka sebelumnya pada hari Rabu setelah EIA melaporkan peningkatan 6,5 juta barel dalam persediaan minyak mentah dalam negeri untuk pekan yang berakhir pada 27 Januari.

American Petroleum Institute pada Selasa malam melaporkan kenaikan 5,8 juta barel, menurut sumber, sementara analis yang disurvei oleh S&P global Platts memperkirakan kenaikan 2,2 juta barel.

PT. EQUITYWORLD Pasokan bensin naik 3,9 juta barel, sedangkan cadangan distilat naik 1,6 juta barel pekan lalu, menurut EIA. Minyak mentah untuk pengiriman Maret diperdagangkan naik 21 sen, atau 0,4%, ke $ 53,02 per barel di New York Mercantile Exchange.

Ditengah laju kebangkitan harga minyak ini, sebuah sinyal muncul dari bursa kapal tangker yang memberikan pesan ancaman dapat menghentikan kenaikan harga minyak lebih lanjut. Dalam dua minggu terakhir hingga 20 Mei kemarin, terjadi lonjakan permintaan kapal-kapal tanker besar bahkan menbuat harga sewanya naik 57%. OPEC setidaknya akan memiliki 500 juta barel minyak yang akan ditransitkan sebelum ke pembeli pada awal Juni, yang umumnya akan jatuh tempo pengiriman pada tahun ini pula. Sebelumnya pada analis memperkirakan bahwa sekitar 20 juta barel masih disimpan di kapal-kapal sebagai indikasi bahwa stok yang berlimpah ini masih belum hilang pula.

OPEC memang memproduksi minyak lebih banyak selama lebih dari dua tahun ini, menegaskan kebijakan mereka yang lebih memilih untuk mempertahankan pangsa pasar mereka daripada meraup untung dari melambungnya harga minyak. Dampaknya, terjadi penutupan operasional pengeboran dan produksi minyak mentah AS pada angka yang besar dan membuat milyaran Dolar AS telah dikeluarkan produsen minyak AS untuk memberikan kompensasi bagi karyawannya sejak tahun lalu saat harga minyak anjlok drastis sementara produksi minyak masih tinggi.

Produksi minyak mentah dunia dibandingkan dengan kebutuhannya lebih tinggi sekitar 1,9 juta bph, PT. Equityworld menurut data Goldman Sachs Group Inc. Suplai minyak terus naik, jika sebuah kapal tanker besar sanggup mengangkut 56 juta barel minyak, tentu minyak-minyak itu perlu dikirim ke suatu tempat.

Sumber: MarketWatch

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s