PT. EQUITYWORLD FUTURES Emas berjangka ditutup pada level tertinggi 3 bulan

PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas berjangka ditutup dengan kenaikan pada hari Senin ini untuk mencatat penutupan tertingginya dalam hampir tiga bulan terakhir.

Penurunan pada imbal hasil Treasury serta pelemahan dolar AS dari awal tahun hingga saat ini dan ketidakpastian atas prospek ekonomi AS yang membantu permintaan dukungan untuk emas sebagai investasi safe haven.

Emas April + 1,04% naik $ 11,30, atau 0,9%, untuk menetap di level $ 1,232.10 per ons. Itu merupakan penyelesaian tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 10 November, menurut data FactSet.

PT. EQUITYWORLD Dolar AS mengalami tekanan paska pernyataan Ben Bernanke, Gubernur Bank Sentral AS dalam symposium Bank Sentral di Jackson Hole, yang membuat Dolar AS turun 1.6% selama sebulan ini. Bernanke sendiri mengisyaratkan akan kemungkinan adanya kebijakan kuantitatif lanjutan meski tidak untuk diterbitkan saat ini.

Jatuhnya nilai mata uang AS ini bahkan menyentuh level terendahnya dalam lebih tiga bulan ini, setelah Bernanke menyatakan dia membuka diri atas ide kebijakan kuantitatif guna mendorong pertumbuhan ekonomi AS, namun demikian dia juga mengisyaratkan bahwa kebijakan tersebut  masih perlu meski saat ini tidak secara rinci kapan akan diluncurkan.

Menyikapi pernyataan tersebut, Dolar AS tertekan dimana Indek Dolar yang mengukur kekuatan nilai tukar Dolar AS atas enam mata uang utama langsung merespon turun akhirnya tutup di 81.242, ini merupakan level terendahnya semenjak 21 Mei silam. Sebelum pidato Bernanke, Dolar AS sudah jatuh dikisaran 81.174, dari puncak di 81.304, kemudian jatuh makin dalam ke level terendahnya di 80.964.

Kejadian yang sebelumnya sudah diperkirakan akan membuat pasar bergejolak ini tak urung tetap memberikan kejutan-kejutan bagi pelaku pasar. Dari penutupan perdagangan di Kamis pada 81.704, selama seminggu ini Dolar AS sudah jatuh 0.5% dan selama sebulan ini jatuh 1.7%.

Dalam perdagangan EUR/USD, berakhir naik ke $1.2575 dari sebelumnya di $1.2504 dan dari kisaran $1.2600 sebelum pernyataan Bernanke. Selama seminggu ini, Euro telah menguat sebesar 0.5% dan sepanjang bulan ini mampu naik 2.3% melawan Dolar AS. Diakui bahwa gejolak politik yang akan terjadi di Eropa atas beberap peristiwa politis nantinya akan memberikan ketidak pastian tersendiri bagi masa depan mata uang ini. Dampak gejolak ini, PT. Equityworld dikhawatirkan mengikis sentiment yang berasal dari AS sehingga mereduksi kekuatan Euro atas Dolar AS.

Pada perdagangan Poundsterling atas Dolar AS., juga menguat ke $1.5880 dari sebelumnya di $1.5788. Selama seminggu ini naik 0.5%  dan naik 1.4% selama sebulan ini.

Yen Jepang juga mendapat berkah dengan menguat atas Dolar AS. Pada perdagangan USD/JPY, Dolar AS turun ke ¥78.34,  dari sebelumnya di ¥78.65. Dolar AS selama seminggu ini berhasil turun 0.4% atas Yen dan naik 0.3% selama Agustus. Jatuhnya output industry Jepang secara mengejutkan dibulan Juli memberikan tekanan bagi Yen, meski tingkat konsumsi rumah tangga Jepang untuk bulan yang sama mengalami penguatan lebih besar dari yang diduga.

Dolar Australia (AUD) dalam perdagangan AUD/USD naik ke $1.0323, dari sebelumnya di $1.0295 dimana selama seminggu ini Aussie mengalami penurunan sebesar 0.7% atas Dolar AS dan jatuh sebesar 1.6% selama sebulan.

Secara teknis, pada sesi perdagangannya hari ini Senin (03/09), pasangan Euro dolar berpeluang untuk bergerak dalam tren positif.

Menguatnya Euro terutama diperkirakan segera menguji kembali Resistance minimal yakni di 1.2652 dan maksimum 1.2731. Adapun, jika Euro tak mampu break dan bertahan dibawah 1.2581 maka alternative scenario lain yakni Euro berpeluang untuk menguji Support yang ada di area 1.2513 dan 1.2436.

Sumber: MarketWatch

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s