PT. EQUITYWORLD FUTURES Emas Lanjutkan Penurunan Setelah ADP Rilis Data Perekrutan Pekerja AS

PT. EQUITYWORLD FUTURES – Kontrak emas untuk pengiriman bulan Agustus turun 0,8% menjadi $ 1,265.60 per ons di Comex New York. Data ADP mengenai kenaikan perekrutan tenaga kerja menunjukkan pasar tenaga kerja AS yang kuat.

Laporan ADP dapat membantu meningkatkan perkiraan para ekonom untuk perhitungan payroll sektor swasta dalam laporan pekerjaan pemerintah AS yang dijadwalkan rilis pada hari Jumat. Powell dari The Fed memiliki pandangan pada inflasi saat ia menyerukan kenaikan suku bunga.

Data GDP kuartal AS yang naik melebihi ekspektasi terpantau menjadi faktor determinan penggerak harga emas terkuat pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014. PT Equityworld Rilis data yang menunjukan adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi AS dari -2,1% di kuartal 1 ke 4% pada kuartal 2 dengan ekspektasi awal di 2,9%, memberi indikasi perekonomian di AS telah tumbuh baik.

PT. EQUITYWORLD Imbas dari hal tersebut, permintaan terhadap emas mengalami penurunan akibat pelemahan minat aset safe haven.

Walaupun data GDP AS cukup kuat mempengaruhi pola pelemahan emas pada Rabu lalu, beberapa data penting lain terpantau dapat menahan pelemahan pada harga emas. Data-data lain seperti ADP employment change AS dan kelanjutan kebijakan The Fed, justru memberikan sentimen positif terhadap pergerakan harga emas. Berdasarkan data pekerja AS, dikabarkan bahwa peningkatan perekrutan tenaga kerja hanya berada di level 218.000 atau turun 63.000 dan berada di bawah ekspektasi di 230.000. sementara pada kelanjutan kebijakan The Fed, pada rilis pertemuan dini hari tadi, tingkat suku bunga AS dinyatakan belum akan mengalami perubahan.\
Pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014 yang ditutup dini hari tadi, harga emas LLG terpantau mengalami pelemahan. Harga emas LLG turun 0,23% ke tingkat harga $1.296,2/t oz atau melemah $2,95/t oz,
Sedangkan pada perdaganan emas berjangka di bursa Comex, PT Equityworld harga emas juga terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,28% ke tingkat harga $1.296,9/t oz atau melemah $3,6/t oz.

Sumber: Bloomberg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s