PT. EQUITYWORLD FUTURES Emas Meningkat ke Tertingginya 6-Pekan Terkait Prospek Suku Bunga AS

PT. EQUITYWORLD FUTURES – Bullion naik ke level intraday tertingginya sejak 24 April karena investor mempertimbangkan prospek kenaikan suku bunga AS menyusul data tenaga kerja yang mengecewakan, dan permintaan haven setelah serangan teror akhir pekan lalu di Inggris hari-hari menjelang pemilihan umum.

Emas untuk pengiriman cepat menguat sebanyak 0,2% menjadi $ 1,282.11 per ons, dan diperdagangkan di $ 1,281.25 per ons pada pukul 10:28 pagi di London. Spot perak sedikit berubah di $ 17.5627 per ons setelah meningkat 1,5% Jumat lalu. Platinum sedikit berubah pada $ 954.50 per ons, paladium naik 0,3% pada $ 844,59 per ons.

EQUITYWORLD FUTURES Harga emas sempat mencapai level tertinggi sesi tersebut di $1.278,95 karena penurunan yang tak terduga pada pertumbuhan lapangan pekerjaan di AS yang memicu kekhawatiran pasar tentang kekuatan ekonomi AS di kuartal kedua.

Kekhawatiran pasar tersebut meningkatkan permintaan terhadap emas, yang 1aaasecara tradisional digunakan sebagai tempat yang aman bagi dana para investor di saat terjadi ketidakpastian ekonomi dan politik serta keamanan, Equityworld Futures juga saat terjadi peningkatan volatilitas di pasar keuangan.

Perekonomian AS tercatat menambahkan 138.000 pekerjaan di bulan Mei, jauh di bawah perkiraan untuk 185.000 pekerjaan baru, sementara tingkat pengangguran turun ke titik terendah 16 tahun di 4,3%, demikian yang dilaporkan Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Jum’at.

Namun peningkatan harga emas tampak terbatas karena jumlah pekerjaan utama yang menurun dan di bawah ekspektasi tersebut tidak banyak mengurangi keyakinan pasar bahwa Federal Reserve (Fed) akan menaikkan suku bunga acuannya pada bulan Juni.

Menurut Fed rate monitor tool dari Investing.com, Equityworld Futures hampir 90% trader memperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga acuannya pada pertemuan di pertengahan bulan ini dari 0,75-1% menjadi 1-1,25%.

Harga emas sensitif terhadap pergerakan naik suku bunga AS, yang mengangkat opportunity cost untuk menyimpan aset yang tidak menghasilkan bunga atau memberikan imbal hasil seperti bullion.

Sumber: Bloomberg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s