PT. EQUITYWORLD FUTURES Peluncuran Rudal Korut Angkat Aset Safe Haven, Emas Melaju Positif

PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga emas bergerak positif pada perdagangan hari ini, Senin (6/3/2017), ditopang oleh pelemahan dolar serta meningkatnya minat terhadap aset safe haven akibat ketegangan geopolitik yang ditimbulkan oleh peluncuran rudal balistik Korea Utara.

Harga emas Comex kontrak April 2017 naik 0,46% atau 5,60 poin ke US$1.232,10 per ounce pada pukul 14.57 WIB, setelah dibuka dengan penguatan 0,60% atau 7,40 poin di US$1.233,90 per ounce.

Seperti dilansir Reuters hari ini, perhatian pasar saat ini tertuju pada perkembangan politik global setelah Korea Utara menembakkan empat rudal balistik ke laut Jepang pagi tadi. Beberapa hari sebelumnya, Equityworld Futures Korut berjanji akan melakukan pembalasan atas digelarnya latihan militer oleh AS dan Korea Selatan.

EQUITYWORLD FUTURES “Masih banyak ketidakpastian kritis yang mendukung pembelian aset safe haven, pemberitaan seputar Korea Utara itu tentunya telah mendorong pasar untuk cukup aktif kembali,” papar analis ANZ Daniel Hynes.  

Emas, sebagai aset safe haven seperti diketahui mendapatkan keuntungan dari rasa ketidakpastian, gejolak politik, dan penghindaran risiko dalam pasar yang menyokong pembelian logam mulia.

Meski demikian, penguatan emas hari ini sedikit dibatasi oleh pernyataan Gubernur Federal Reserve Janet Yellen akhir pekan lalu. Yellen mengisyaratkan kemungkinan kenaikan suku bunga AS lebih lanjut pada pertemuan kebijakan Fed 14-15 Maret nanti, serta kecenderungan laju kenaikan suku bunga yang lebih cepat setelahnya.

“Kami cukup netral pada prospek emas pekan ini. Kecuali kita melihat komentar tak terduga tentang itu (suku bunga) pekan ini, [ketidakpastian politik] cukup mengangkat harganya saat ini,” ujar Hynes.

Sejalan dengan emas, harga perak kontrak Mei 2017 naik 0,48% atau 0,085 poin ke US$17,825 per ounce, setelah dibuka dengan penguatan tajam 1,41% atau 0,250 poin di posisi 17,990.

Turut mendukung emas dan perak, Equityworld Futures indeks dolar AS yang mengukur pergerakan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama terpantau turun 0,04% atau 0,040 poin ke level 101,500.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s