PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas dan platinum tidak begitu berkilau lagi

Ancient gold coins are displayed in Caesarea, north of Tel Aviv

PT.EQUITYWORLD FUTURES Logam mulia kehilangan kilau mereka. Terlepas dari gejolak di ekonomi pasar berkembang dan perang perdagangan AS-China yang sedang berkembang, logam yang secara tradisional berfungsi sebagai aset haven belum menarik masuknya uang yang Anda harapkan. Pekan lalu, harga emas jatuh ke level terendah sejak Januari 2017, dan terus merana di bawah level psikologis penting dari $ 1,200 per troy ounce. Sejauh ini tahun ini, harga telah turun sebesar 9%. Analis menyematkan sebagian besar kesalahan pada dolar. Kekuatannya yang tak terduga tahun ini telah merebut logam kuning sebagai aset haven yang disukai investor yang bergairah. Sementara itu, suku bunga AS yang lebih tinggi juga membuat emas kurang menarik, karena tidak menawarkan hasil.

Posisi net dalam emas berubah pendek minggu lalu untuk pertama kalinya dalam 17 tahun (paywall). Keseimbangan pedagang, dalam hal ini hedge fund dan spekulan besar lainnya, sekarang bertaruh bahwa harga emas lebih suka menurun daripada kenaikan, sinyal kuat tentang sentimen di pasar.

Baca juga PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas menandai kenaikan laba terbesar satu hari hingga saat ini

Permintaan global untuk emas pada semester pertama tahun ini adalah yang terendah sejak 2009 dan, menurut data Bloomberg, dana yang diperdagangkan di bursa emas yang didukung emas telah mencairkan aset selama 13 minggu berturut-turut, jangka terpanjang dalam lima tahun.

Dan itu bukan hanya emas. Platinum juga menderita, baru-baru ini jatuh ke level terendah sejak akhir 2003. Keuntungan dalam dolar telah memicu aksi jual di mata uang negara berkembang, termasuk rand Afrika Selatan. Afrika Selatan adalah produsen terbesar platinum, dan karena depresiasi mata uang mendorong pendapatan lokal produsen – yang biayanya dalam bentuk rand dan pendapatan dalam dolar – itu telah mengurangi insentif mereka untuk memangkas output, menurut laporan Reuters. Ini telah memperburuk kelebihan pasokan logam, memberikan tekanan lebih pada harga. Kemungkinan perubahan haluan dalam logam ini tampak tipis; posisi net dalam dolar (paywall) sekarang adalah yang paling bullish dalam beberapa waktu.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s