Equityworld Futures Semarang : Saham Jerman merosot, STOXX 600 mata minggu terburuk dalam 6 bulan

Equityworld Futures Semarang – Saham Jerman memimpin penurunan di Eropa pada hari Jumat karena lonjakan harga produsen yang lebih besar dari perkiraan, sementara patokan STOXX 600 berada di jalur untuk minggu terburuk sejak Februari di tengah tanda-tanda perlambatan pertumbuhan dan meningkatnya kasus COVID-19.

Pada 0744 GMT, STOXX 600 pan-Eropa turun 0,4%, dengan DAX Jerman turun 0,6% karena data menunjukkan harga produsen melonjak 10,4% tahun-ke-tahun di bulan Juli. Para ekonom telah memperkirakan kenaikan sebesar 9,2%.

Indeks pertambangan tergelincir 0,5%, memperpanjang penurunan 4% pada hari Kamis, dan ditetapkan menjadi sektor Eropa dengan kinerja terburuk untuk minggu ini.

Tanda-tanda perlambatan pemulihan ekonomi global dan lonjakan kasus varian Delta dari virus corona telah menjatuhkan STOXX 600 Eropa dari rekor tertinggi minggu ini.

Indeks merosot 1,5% pada hari Kamis saja, mengikuti penurunan ekuitas global pada indikasi Federal Reserve AS dapat mulai mengekang kebijakan uang mudah akhir tahun ini. S&P 500 AS membalikkan penurunan tersebut menjadi berakhir sedikit lebih tinggi.

“Kisah pasar tampaknya memberitahu kita bahwa mereka tidak khawatir tentang penurunan Fed, tetapi khawatir tentang cerita pemulihan global yang melambat,” kata Michael Hewson, kepala analis pasar di CMC Markets UK.

“Ada juga ketakutan bahwa beberapa pemerintah, dalam upaya untuk mengejar strategi nol-COVID-19, lebih berbahaya daripada kebaikan dalam mencoba berurusan dengan jin yang sudah keluar dari botol, boleh dikatakan.”

Saham perjalanan dan liburan turun 0,9% di tengah kekhawatiran penyebaran varian Delta dapat menyebabkan lebih banyak pembatasan perjalanan.

FTSE 100 London berada di jalur untuk menghentikan kenaikan beruntun empat minggu karena data menunjukkan penurunan mengejutkan dalam penjualan ritel Inggris minggu lalu.

Fokus minggu depan adalah pada konferensi bank sentral tahunan Jackson Hole AS yang terkenal pada akhir Agustus, di mana Ketua Fed Jerome Powell dapat memberi sinyal bahwa dia siap untuk mulai mengurangi dukungan moneter.

Presiden ECB Christine Lagarde tidak akan menghadiri konferensi tersebut, juru bicara bank sentral mengatakan minggu ini.

Barang-barang mewah jatuh 0,6% dan mengikuti penurunan mingguan lebih dari 6%, tertekan oleh kekhawatiran atas kemungkinan perkembangan kebijakan kekayaan di China.

Dalam berita perusahaan, supermarket Inggris Morrisons melonjak 4,3% ke puncak STOXX 600 setelah menyetujui tawaran pengambilalihan senilai 7,0 miliar pound ($ 9,54 miliar), sementara portal web real estat Swedia Hemnet melonjak 14,9% pada laporan kuartalan yang optimis.

news edited by Equityworld Futures Semarang

Tinggalkan komentar