Reli Harga Minyak Dunia Karena Penguatan Dollar

Equityworld

PT Equityworld, harga minyak Jakarta memangkas keuntungan karena kekhawatiran kenaikan US serpih pengurangan produksi gas akan menaungi upaya yang dilakukan negara-negara pengekspor.

Harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate naik 27 sen untuk menetap di US $ 53,20 pada penutupan perdagangan Selasa, seperti dikutip CNBC, Rabu (2017/02/15).

Sementara harga patokan minyak dunia, Brent naik 36 sen, dan dijual dengan harga US $ 55,95 per barel. Brent sempat menyentuh level tertinggi US $ 56,46 per barel.

Reli pada awal perdagangan kemarin kehilangan kekuasaan karena penguatan dolar. Dolar menguat setelah Gubernur Federal Reserve Janet Yellen mengatakan bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga pada pertemuan berikutnya.

Dolar yang lebih kuat membuat komoditas yang dijual dalam dolar seperti minyak mentah lebih mahal untuk mata uang lainnya.

“Harga minyak biasanya cukup stabil hampir tidak beranjak selama dua bulan, alasan dinamika konflik di pasar,” kata Hans van Cleef, ekonom energi senior di ABN AMRO Bank di Amsterdam.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan eksportir lainnya termasuk Rusia telah sepakat untuk mengurangi produksi hampir 1,8 juta barel per hari (bph) selama semester pertama 2017 dalam upaya untuk mengendalikan kelebihan rhang pasokan bahan bakar global.

baca juga berita lainnya di  PT Equityworld

Tinggalkan komentar